Kiprah 40 Tahun Elnusa Berikan Solusi Total Jasa Energi di Blok Mahakam

- Kamis, 30 Maret 2023 | 00:54 WIB
Kiprah 40 Tahun Elnusa Berikan Solusi Total Jasa Energi di Blok Mahakam (Elnusa/ Indonesiadaily.co.id)
Kiprah 40 Tahun Elnusa Berikan Solusi Total Jasa Energi di Blok Mahakam (Elnusa/ Indonesiadaily.co.id)

Indonesiadaily.co.id- Sejak sekitar 40 tahun lalu PT Elnusa Tbk (ELNUSA) telah berkiprah dalam mendukung kinerja operasi hulu migas di Wilayah Kerja (WK) Mahakam.

Mulai dari era Total E&P Indonesie hingga kini dikelola PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), Elnusa tumbuh dan berkembang bersama blok gas raksasa di pesisir timur Kalimantan ini.

Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing menceritakan kehadiran Elnusa di Blok Mahakam sudah sejak tahun 1980-an saat Total E&P Indonesie menjadi operator.

Kala itu jasa Hydraulic Workover Unit (HWU) & Snubbing Services menjadi pelopor kiprah Elnusa di sana.

Selanjutnya Elnusa membawa layanan Slickline Services pada dekade 90-an, jasa Well Testing (2008), Coiled Tubing Services (2011), Cementing & Pumping Services, Mud Services dan Mud Logging Services (2019), hingga Wireline Logging (2020).

Elnusa juga melakukan inovasi bersama PHM untuk melakukan penghematan biaya operasional seperti modifikasi HWU agar bisa digunakan untuk drilling di 5 sumur lapangan Tunu, penggunaan wireline combo yang bisa memangkas biaya mobilisasi, penggunaan cemen slurry merah putih yang menghasilkan bonding cement yang bagus dan penggunaan sand consolidation product dalam negeri.

Bahkan untuk kegiatan Seismic Processing dan EPC & OM Services juga sudah mulai digarap Elnusa di WK Mahakam.

Keterlibatan anak usaha Elnusa di Mahakam juga cukup diperhitungkan, dari jasa kapal barge oleh PT Elnusa Trans Samudera (ETSA) , injeksi chemical dari PT Elnusa Petrofin (EPN), hingga pekerjaan modifikasi konstruksi lewat PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK).

“Untuk di WK Mahakam, saat ini layanan yang dikerjakan Elnusa sudah cukup komplit, dapat dikatakan 80 persen services yang ada di Elnusa sudah masuk ke sana."

"Jadi kami telah mewujudkan solusi total jasa energi di Mahakam seperti Visi Elnusa yang ingin menjadi ‘Perusahaan Jasa Energi Terkemuka yang Memberikan Solusi Total’,” paparnya.

Charles mengungkapkan dukungan manajemen serta personel perusahaan menjadi kunci sukses sepak terjang positif Elnusa dalam kegiatan operasi migas di blok gas yang pada awal 2023 ini produksinya mencapai 632,5 juta standar kaki kubik gas per hari (MMscfd).

Lalu kerja sama dengan pihak operator sejak dari Total E&P Indonesie hingga PHM pun selalu terjalin dengan baik.

“Kerja sama antara operator dengan Elnusa bisa dikatakan kerja sama partner atau mitra, di mana ada keterbukaan serta kerja bersama untuk maju bersama,” tutur Charles.

Lebih lanjut Charles menerangkan, eksistensi Elnusa di Blok Mahakam memang berawal dari adanya kepercayaan yang diberikan pihak operator, di mana Elnusa kerap ditawarkan untuk mengerjakan pilot project sampai project besar.

Halaman:

Editor: Hery FR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X