• Minggu, 29 Januari 2023

Terkait Berita HUT PDIP ke-50, Tiga Media “Terancam” Dilaporkan ke Dewan Pers

- Kamis, 19 Januari 2023 | 20:49 WIB
Petinggi DPP PDIP Konsultasi ke Dewan Pers (ist/dewan pers)
Petinggi DPP PDIP Konsultasi ke Dewan Pers (ist/dewan pers)

Indonesiadaily.co.id- Terkait pemberitaan yang berkaitan dengan acara Ulang Tahun ke-50 tahun PDIP, Tiga Pimpinan DPP PDIP melakukan konsultasi ke dewan pers.

Ketiga petinggi PDIP tersebut, Hasto Kristiyanto (sekjen), Yasonna Laoly (ketua dan menkumham), serta Ahmad Basarah (ketua) langsung diterima oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, beserta anggota Dewan Pers lainnya.

Sebagaimana keterangan pers Dewan Pers yang diterima dari kantor pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Kamis malam 19 Januari 2023, DPP PDIP mempersoalkan pemberitaan berkaitan dengan acara ulang tahun ke-50 PDIP di Jakarta pada 10 Januari lalu.

Baca Juga: Resmi Gantikan Prof Azyumardi Azra Gawangi Dewan Pers, Dr Ninik Rahyu : Kemerdekaan Pers Harus Terus Diperkuat

“Kami berencana mengadukan tiga media ke Dewan Pers. Ketiga media itu Kompas.com, Media Indonesia, dan Metro TV. Kami akan kaji dan melakukan prosedur pengaduan sesuai mekanisme yang ada,” tutur Yasonna, Kamis (19/1).

Menurut Yasonna, kepemilikan media oleh aktivis partai bisa berkelindan dan disalahgunakan untuk menyerang atau memanfaatkan kepentingan kelompok tertentu. Hal itu dianggapnya tidak fair/adil. Mestinya, tuturnya, media dimanfaatkan untuk kepentingan umum.

Untuk itu, dia juga menyarankan agar Dewan Pers membuat ketentuan supaya pers juga menjunjung tinggi etika dalam pemberitaan sehingga tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik tertentu. Derajat etika dianggapnya lebih tinggi dari peraturan.

Baca Juga: Rakor Dewan Pers, KPU, KPI, dan Polri: Menjelang Pemilu Info Hoaks Naik 60 Persen

Apalagi, ujarnya, saat ini sudah memasuki tahun politik menjelang pilkada serentak dan pemilu 2024 sehingga arah pemberitaan bisa saja digunakan untuk melakukan dukungan politik.

Halaman:

Editor: Hery FR

Tags

Terkini

Walikota Jambi H Sy Fasha Apresiasi Kehadiran SMSI

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:08 WIB
X