• Senin, 5 Desember 2022

Masih Jadi Pertanyaan, Berikut Rangkuman Kronologi dan Dugaan Sebab Kebakaran di Masjib Islamic Center

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 15:19 WIB

Indonesiadaily.co.id - Hingga kini, penyebab kebakaran di Masjid Islamic Center, Jakarta Utara pada Rabu 19 Oktober 2022 kemarin masih menjadi pertanyaan bagi publik.

Lantas, apa penyebab Masjid Islamic Center Jakarta Utara kebakaran? Untuk mengetahui lebih lanjut awak media telah merangkum informasi dari berbagai sumber terpercaya seperti DETAIL.ID simak informasinya berikut ini.

Kronologi Masjid Islamic Center Kebakaran

Kubah Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) di Kecamatan Koja, Jakarta Utara, terbakar pada Rabu 19 Oktober sore. Kebakaran itu mengakibatkan kubah masjid ambruk. Sejumlah unit mobil damkar dan personel sempat dikerahkan ke lokasi.

Informasi kebakaran Masjid Islamic Center tersebut diterima petugas damkar pada pukul 15.23 WIB. Disebutkan, titik kebakaran berasal dari kubah masjid Jakarta Islamic Center (JIC).

"Sumber api berasal dari kubah masjid," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Jakarta Utara, Rahmat Kristanto, dalam keterangannya pada Wartawan, Rabu 19 Oktober 2022.

Penyebab Kebakaran Diduga Dipicu Percikan Api

Diketahui, kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) terjadi ketika tengah ada renovasi kubah masjid tersebut. Penyebab Masjid Islamic Center kebakaran adalah diduga berawal dari percikan api saat renovasi kubah masjid.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mendapat informasi ada renovasi pada bagian kubah sebelum terjadi kebakaran di Masjid Jakarta Islamic Center tersebut..

"Menurut informasi yang didapat, saat pekerja bangunan yang sedang melakukan renovasi ingin memasang triplek atap kubah masjid tersebut, para pekerja melelehkan membran (aspal gulung)," kata Gulkarmat DKI lewat akun Instagram @humasjakfire.

"Untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar. Diduga percikan dari alat bakar mengenai bahan mudah terbakar sampai timbulnya api," ujarnya menambahkan.

Setelah itu, pekerja renovasi berupaya memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Namun, api semakin besar dan tak dapat dihindarkan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Islamic Center

Penyebab pasti kebakaran di Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) yang merobohkan kubah masih diusut. Polres Metro Jakarta Utara menggandeng Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri menyelidiki penyebab Masjid Islamic Center kebakaran.

"Dan kita akan minta bantuan Puslabfor Polri untuk mencari penyebab kebakaran," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo, Rabu.

Wibowo belum bisa berspekulasi terkait penyebab kebakaran yang merobohkan kubah masjid JIC tersebut. Termasuk dugaan akibat percikan api saat proses renovasi. Dia menyebut nantinya hasil akan keluar setelah proses penelitian di Puslabfor selesai.

"Penyebab nanti saya minta bantuan ke Puslabfor Polri. Nanti baru kita kabarkan ke rekan rekan media," ujarnya.

Polisi Akan Lakukan Olah TKP Kebakaran di JIC

Pagi ini Polres Metro Jakarta Utara akan melakukan olah TKP di lokasi kebakaran. Olah TKP akan dilakukan bersama dengan Puslabfor Polri.

"Ada rencana olah TKP sama puslabfor, rencana pukul 10.00 WIB ya olah TKP bareng dengan kawan-kawan Puslabfor Polri," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara.

Rencananya, Wibobo juga akan memantau langsung proses olah TKP di Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), di Kecamatan Koja, Jakarta Utara. "Iya rencananya saya juga akan memantau," katanya.

Nantinya, polisi juga akan meminta keterangan dari pihak masjid JIC untuk mengusut peristiwa tersebut. Termasuk mencari tahu penyebab Masjid Islamic Center kebakaran secara pasti.

"Iya rencana kami panggil pihak JIC karena kan beliau-beliau ini tuan rumahnya ya. Tetap kita mintakan keterangan," ujarnya.

Editor: Jogi Sirait

Sumber: Detail.id

Tags

Terkini

Universitas Nurdin Hamzah Mewisuda 268 Lulusan

Rabu, 23 November 2022 | 16:22 WIB

Upah Minimum Pekerja 2023 Naik, Ini Persentase-nya

Senin, 21 November 2022 | 08:02 WIB

Ini Link Live Streaming Timnas U-20 Vs Prancis

Kamis, 17 November 2022 | 16:09 WIB

Kuasa Hukum Minta Hakim Bebaskan Ferdy Sambo

Senin, 17 Oktober 2022 | 19:44 WIB

Ferdy Sambo Lepas Rompi Tahanan Saat Persidangan

Senin, 17 Oktober 2022 | 17:51 WIB

Sidang Perdana Ferdy Sambo Hari Ini

Senin, 17 Oktober 2022 | 17:07 WIB
X