• Senin, 5 Desember 2022

Pamerkan Produk Homemade, UMKM Binaan Pertamina Meriahkan Side Event G20 di Bali

- Minggu, 20 November 2022 | 06:59 WIB
Teten Masduki berkunjung ke booth UMKM Pertamina . (Yusnaini)
Teten Masduki berkunjung ke booth UMKM Pertamina . (Yusnaini)

BALI –PT. Pertamina (Persero) melalui Rumah BUMN (RB) mengikuti side event G20 yang digagas Kementerian Koperasi & UKM (Kemenkop UKM) bertemakan Future SMES Village  yang dilaksanakan pada 10-19 November 2022 di Bali Collection, Provinsi Bali. Melalui kegiatan ini, UMKM Pertamina diharapkan dapat memperluas akses pasar ke manca negara, khususnya ke negara-negara peserta KTT G20.

Fajriyah Usman, Vice President CSR & SMEPP Pertamina, mengatakan keterlibatan UMKM pada kegiatan ini berpotensi ikut mengakselerasi pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Pertamina melakukan persiapan, salah satunya dengan mematangkan kualitas produk maupun kapasitas dari para pelaku UMKM. “Acara G20 ini tentunya patut kita syukuri karena memberikan peluang untuk tumbuh dan berkembang bagi para pelaku UMKM baik sektor kuliner, fashion dan craft,” ujar Fajriyah, Rabu (16/11).

Dia menambahkan dukungan terus diberikan oleh Pertamina kepada para binaannya untuk selalu melakukan kolaborasi, baik dengan pemerintah maupun stakeholder lainnya melalui program-program yang inklusif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, mengingat berbagai tantangan kedepan yang dihadapi para pelaku UMKM. “Melalui event akbar ini, kita berharap agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan untuk menciptakan peluang agar produk lokal memiliki daya saing dan mampu mendobrak pasar global sekaligus menjadi momentum untuk mengakselerasi transformasi digital," kata Fajriyah.

Penyelenggaraan Future SMES Village Local Wisdom for Global Sustainability dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada Jumat (11/11). Turut hadir Stafsus Presiden, Diaz Hendro Priyono, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, serta beberapa pejabat penting lainnya.

“Presidensi G20 menjadi momentum bagi Koperasi dan UMKM agar beradaptasi dengan isu-isu strategis yang dianggap sebagai usaha berkelanjutan di tengah pandemi, transformasi digital serta modal bisnis yang mengadopsi transisi produksi ke arah ramah lingkungan,” kata Teten dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Teten menyempatkan diri untuk berkunjung ke booth UMKM Pertamina dan mengapresiasi keterlibatan Pertamina dengan menghadirkan mitra binaan di Bali Collection untuk ikut memeriahkan Presidensi G20, terutama dengan menghadirkan UMKM dengan kualitas yang baik dan UMKM artisan yang sudah siap masuk ke pasar global.

“Pasca G20 ini, kita berharap bisa punya akses ke pasar negara-negara G20, maka dari itu kita harus siapkan UMKM kita, baik dari mutunya, standarisasinya lalu kapasitas produksinya,” tutur Teten.

Baca Juga: Ini Link Live Streaming Timnas U-20 Vs Prancis

Hal senada disampaikan Susyanto, Sekretaris Kementerian BUMN yang menyampaikan rasa bangga bahwa Pertamina memberikan dukungan kepada mitra binaannya dalam moment KTT G20 untuk membantu UMKM naik kelas dan terus maju untuk Indonesia yang lebih baik.

“Saya melihat produk-produk yang dipamerkan sangat menarik dan sudah bisa go internasional. Artinya, produk ini tidak hanya digemari di negara kita tetapi juga di negara lain,” kata Susyanto saat melihat-lihat produk binaan Pertamina.

Halaman:

Editor: Yunaini ID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Universitas Nurdin Hamzah Mewisuda 268 Lulusan

Rabu, 23 November 2022 | 16:22 WIB

Upah Minimum Pekerja 2023 Naik, Ini Persentase-nya

Senin, 21 November 2022 | 08:02 WIB

Ini Link Live Streaming Timnas U-20 Vs Prancis

Kamis, 17 November 2022 | 16:09 WIB

Kuasa Hukum Minta Hakim Bebaskan Ferdy Sambo

Senin, 17 Oktober 2022 | 19:44 WIB

Ferdy Sambo Lepas Rompi Tahanan Saat Persidangan

Senin, 17 Oktober 2022 | 17:51 WIB

Sidang Perdana Ferdy Sambo Hari Ini

Senin, 17 Oktober 2022 | 17:07 WIB
X