Kuliah Industri Media di Universitas Nurdin Hamzah, Hadirkan Dosen Pakar

- Rabu, 7 Desember 2022 | 10:43 WIB
ruang kelas saat kuliah bersama dosen pakar.
ruang kelas saat kuliah bersama dosen pakar.

Indonesiadaily.co.id-Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Nurdin Hamzah, menghadirkan dosen pakar dari praktisi media online. Dosen Pakar dari Media Online Jambi Ekpress.com, Dona Piscesika, M.I.Kom.

Kuliah pakar pada matakuliah Industri Media, dihadiri mahasiswa semester 3 dari Prodi Ilmu Komunikasi. Hadir pula dosen pengampu matakuliah Industri Media, ibu Yusnaini, S.E.,M.I.Kom, yang membuka kelas perkuliahan, Rabu (7/12/2022) pukul 08.30 WIB.

Saat perkuliahan Dona Piscesika, M.I.Kom menjelaskan mengenai industri media online. Menurutnya pengertian umum media online adalah segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui koneksi internet yang berisikan teks, foto, video, serta bunyi (audio). Media online bisa diartikan menjadi media yang bisa diakses melalui internet.

Mahasiswa juga dijelaskan mengenai cara mengungah berita media online, proses bisnisnya, hingga peluang bisnis media online yang juga dapat dijalankan oleh mahasiswa dan siapa saja.

Baca Juga: Medan Tuan Rumah HPN 2023, Agendakan Pertemuan Wartawan Asean

Kiat-kiat mengembangkan media online, dapat dimulai dari membuka blog terlebih dahulu. Bagi yang ingin membuka langsung industrinya adalah, urus dulu perizinannya, siapkan nama medianya, dan buat struktrur perusahaan mulai dari pemimpin redaksi, jurnalis, dan bagian bisnisnya. “Buat portalnya, dan pelajari cara kerja media online, mulai dari cara menulis berita, search engine optimize, kata kunci yang tepat,” jelasnya Dona Piscesika, M.I.Kom.

Suasana diskusi bersama

Dosen Pengampu Matakuliah Industri Media, Yusnaini, S.E.,M.I.Kom mengatakan, perlunya kuliah pakar ini agar mahasiswa memperoleh kedalaman materi terkait mata kuliah yang dipelajari serta mahasiswa juga mendapatkan pengalaman industri media yang disampaikan oleh narasumber. “Mahasiswa juga harus memahami perkembangan industri media dan memparaktikkannya secara up to date, mahasiswa juga dijelaskan bagaimana mengelaborasikan antara industri media massa dengan media sosial,” jelas Yusnaini,S.E.,M.I.Kom. (*)

Editor: Yunaini ID

Artikel Terkait

Terkini

Beasiswa LPDP 2023 Telah Dibuka, Ini Syarat Daftarnya

Jumat, 27 Januari 2023 | 08:00 WIB
X