• Minggu, 5 Februari 2023

Pelabuhan Kota Sungai Penuh

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 23:55 WIB

Oleh : KURNIADI ARIS,S.H., M.M.,

(Dosen IAIN Kerinci /Advokat-Pengacara)

KOTA Sungai penuh adalah sebuah kota yang secara geografis berada paling utara diantara kota lainnya di provinsi Jambi, Kota ini dibentukberdasarkanUndang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dan pengesahannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 8 Oktober 2009 yang pada saat itu dijabat oleh H. Gamawan Fauzi SH.MM., sebelumnya beliau adalah Gubernur Provinsi Sumatra Barat.

Sudah ±12 tahun kota yang berpenduduk ± 97.190 jiwa ini menjalankan roda pemerintahnnya sendiri sebagai salah satu daerah tingkat II di Provinsi Jambi.

Dilihat dari angle (sudut pandang) geografis kota Sungai Penuh mempunyai luas 391,5 km dan dikelilingi oleh kabupaten kerinci. Kota Sungai Penuh dipimpin secara defenitif oleh seorang walikota pada tahun 2011melaui Pilkada dan selanjutnya kembali melalui Pilkada dipimpin oleh walikota yang sama Bapak Prof.Dr Asyafri Jaya Bakri untuk periode tahun 2016 sd 2021.

Selain itu kota Sungai Penuh juga ada kota satelit atau kota-kota  yang berada di sekitar kota Sungai Penuh itu sendiri seperti Kota Bangko yang merupakan ibukota kabupaten Merangin, Padang Aro yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Solok Selatan berikutnya ada daerah  kecil lain yang merupakan daerah penyangga seperti Tapan,Lunang dan lain-lain.

Posisioning Kota Sungai Penuh dalam sumber daya ekonomi mempunyai Opportunity atau peluang yang sangat besar untuk berkembang apabila bisa menjadi magnet buat kota disekitarnya namun berdasarkan pengamatan dan kenyataan sampai saat sekarang hal ini belum termaksimalkan salah satu parameternya adalah Kota Sungai Penuh belum  tidak memilikidiferensiasi atau perbedaan dari kota lainnya yang menjadi icon kota itu sehingga menjadi pembeda dan merupakan salah katu kutub magnet yang akan menaraik untuk orang lain mengunjungi kota Sungai Penuh.

Seharusnya ini sudah difikirkan dan di eksekusi dari jauh jauh hari, orang tidak ingat mudah sebuah kota kalau tidak ada sebuah diferensiasi sehingga orang mudah ingat kota tersebut dan meariknya untuk mengetahui dan mengunjunginya.

Seperti contoh jikaorang bicara pendidikan orang akan ingat Yogyakarta karna kualitas pendidikan yang baik serta biaya hidup yang murah untuk pelajar,selanjutnya ketika orang bicara kuliner tentu langsung ingat kota padang dengan beragam sajian kuliner yang sangat menggugah selera

Bahkan Rendang sudah di petentenkan menjadi makanan asli Sumatra Barat dan dinobatkan sebagai makanan terlezat didunia, berikut jika bicara fashion pasti orang akan ingat  kota bandung dengan segala sumber daya garment pabrik tekstil, sepatunya dan lain-lain serta banyak lagi yang lain seperti malang yang begitu maju industri kreatifnya.

Halaman:

Editor: Ady Praja

Terkini

Setelah Kompeten, Apa? , Catatan Hendry Ch Bangun

Senin, 23 Januari 2023 | 09:27 WIB

Jokowi, Hariman dan Malari

Senin, 16 Januari 2023 | 09:38 WIB

Harian Waspada Itu Heritage Bagi Indonesia

Kamis, 12 Januari 2023 | 10:45 WIB

Wartawan Bergelar Doktor, Catatan Hendry CH Bangun

Minggu, 8 Januari 2023 | 08:10 WIB

Dibuang di UU Pers, Dipunggut  ke dalam KUHP

Sabtu, 31 Desember 2022 | 07:51 WIB

"Reformasi Sistem Pengelolaan Sampah Kota Sungai Penuh"

Selasa, 13 September 2022 | 22:26 WIB

Tamatan Luar Negeri Lebih Hebat?

Jumat, 29 April 2022 | 18:58 WIB

Mahligai 9 dan Kepemimpinan Progresif El Halcon

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:58 WIB
X