• Minggu, 5 Februari 2023

Mahligai 9 dan Kepemimpinan Progresif El Halcon

- Selasa, 25 Januari 2022 | 16:58 WIB

Penulis: Dr. Dedek Kusnadi S.Sos, MSi,.MM (*)

BANK Sembilan Jambi seringkali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Banyak yang mencemooh Bank sembilan Jambi sebagai parasit APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah). Tidak sedikit yang memplesetkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) ini, dengan istilah “Bank Pamili Dewek”.

Ketika tak menggunakan SMS banking, internet banking, Bank sembilan Jambi seringkali jadi sasaran cemoohan. Dianggap bank kuno lah. Ketinggalan zaman lah. Jangan heran banyak sekali nasabah menjauh dari Bank sembilan Jambi. Belum lagi kritik-kritik tajam yang kerap mengalir dari gedung dewan. Bank sembilan Jambi dituding terlalu fokus pada kredit konsumtif. Dianggap pengecut karena ogah mengambil resiko.

Banyak pula kritik yang menyebut Bank sembilan Jambi tak berani mendanai UKM dan ekonomi rakyat kecil. Bank sembilan Jambi dituduh bermain aman. Cuma fokus menggarap nasabah ASN. Termasuk pula kritik soal lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM). Yang nongol selalu yang jelek-jelek saja.

Tapi…Itu dulu…. Lihatlah sekarang. Bank sembilan Jambi telah bergerak maju. Sejak dikomandoi Yunsak El Halcon, semuanya berubah. Bank sembilan Jambi telah bertransformasi. Kini, semua orang takjub dengan Bank sembilan Jambi. Apalagi sejak bertahtanya si pencakar langit. Namanya Mahligai Sembilan. Terdiri dari 12 lantai. Yang tingginya mencapai 53,5 meter itu. Inilah gedung pemerintah pertama di Provinsi Jambi, dan satu-satunya, yang bergaya pencakar langit.

Laiknya Presiden Jokowi, yang kebijakan instrukturnya seperti jalan tol, bahkan pemindahan Ibu Kota Negara baru di Kaltim, seringkali dicemooh. Tapi, lihatlah kini, bagaimana kita semua telah merasakan efektifitas perjalanan setelah dibangunnya tol di berbagai daerah itu. Soal ibu kota baru, kita pasti akan merasakan dampaknya setelah proyek ini berhasil nantinya.

Apalagi Elon Mask, pemilik Tesla itu, telah bersiap investasi di Ibu Kota Baru kita. Dia akan membangun Bandara Space X, untuk pesawat super jet yang berkecepatan 28.000KM/jam. Amerika-Indonesia nantinya hanya akan ditempuh dalam 2 jam perjalanan. Singkat sekali. Jokowi adalah sosok pemimpin yang inovatif, berpikir maju. Dia melompat jauh ke depan. Menyandingkan Jokowi dengan El Halcon tentu tidak tepat. Tapi, melihat terobosan yang dilakukan El Halcon, saya percaya ia adalah sosok inovatif layaknya Jokowi.

Bank sembilan Jambi di tangan El Halcon telah melompat jauh ke depan. Mahligai Sembilan yang dibangunnya, nanti akan menjadi ikon baru Provinsi Jambi. Gedung ini memiliki aula ukuran jumbo dan representatif untuk menggelar pertemuan. Dan yang terpenting, puncak Mahligai Sembilan akan menjadi salah satu lokasi yang dipakai untuk memastikan masuknya bulan suci ramadhan.

Dulu.. Bank sembilan Jambi masuk kategori Bank Kecil. Karena modalnya di bawah Rp 1 T. Bank kecil itu kelemahannya banyak sekali. Dia diharamkan membiayai kegiatan ekspor impor. Dilarang pula melakukan pembiayan proyek (sindikasi perbankan). Banyak lagi kelemahan lain. Misalkan dilarang menggunakan SMS banking, internet banking dan sebagainya. Sehingga, dulu, segala macam teknologi mutakhir dibidang perbankan, Bank sembilan Jambi kesulitan beradaptasi. Semuanya karena terbentur regulasi BI. Akibatnya, bank sembilan jambi tak bisa bergerak lincah.

Halaman:

Editor: Red- Indonesiadaily

Tags

Terkini

Setelah Kompeten, Apa? , Catatan Hendry Ch Bangun

Senin, 23 Januari 2023 | 09:27 WIB

Jokowi, Hariman dan Malari

Senin, 16 Januari 2023 | 09:38 WIB

Harian Waspada Itu Heritage Bagi Indonesia

Kamis, 12 Januari 2023 | 10:45 WIB

Wartawan Bergelar Doktor, Catatan Hendry CH Bangun

Minggu, 8 Januari 2023 | 08:10 WIB

Dibuang di UU Pers, Dipunggut  ke dalam KUHP

Sabtu, 31 Desember 2022 | 07:51 WIB

"Reformasi Sistem Pengelolaan Sampah Kota Sungai Penuh"

Selasa, 13 September 2022 | 22:26 WIB

Tamatan Luar Negeri Lebih Hebat?

Jumat, 29 April 2022 | 18:58 WIB

Mahligai 9 dan Kepemimpinan Progresif El Halcon

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:58 WIB
X