Instagrammable, Perahu Pertamina di Greenthink, Kawasan Ekowisata di Subang Jabar

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 09:10 WIB
Perahu Pertamina di Gerbang Greenthink Jabar (PHE NOWJ/Indonesiadaily.co.id)
Perahu Pertamina di Gerbang Greenthink Jabar (PHE NOWJ/Indonesiadaily.co.id)

Indonesiadaily.co.id - Sekitar 18 kilometer dari pantai Pasir Putih Cilamaya Karawang, terdapat perahu berwarna senada dengan logo Pertamina yang berlabuh di kawasan wisata Greenthink.

Lahan seluas tiga hektare itu dihibahkan Perhutani sebagai pusat sarana pembelajaran lingkungan, pengelolaan hutan hujan tropis, sistem pertanian terpadu, sekaligus ekowisata berbasis masyarakat.

Perahu itu berlabuh tepat di depan gerbang Greenthink yang berlokasi di Desa Cilamaya Girang, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Greenthink terbuka untuk semua kalangan usia. Pelajar TK sampai SD bisa berwisata sambil mendapatkan edukasi lingkungan.

Kalangan remaja bisa berwisata sambil foto-foto, karena banyak sekali titik Instagrammable di Greenthink.

Sedangkan kalangan dewasa, bisa menggelar rapat, kulineran, dan berwisata sekaligus di Greenthink.

Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) membangun seluruh fasilitas yang berdiri di atas Greenthink.

Seperti area berkemah, rumah kaca, rumah kompos, wisma domba, tanaman sayuran dan obat, demplot padi, budidaya air, dan outbond.

Di lokasi itu, PHE ONWJ melalui corporate social responsibility (CSR) juga menanam pohon cemara laut, kelapa, akasia, trembesi, bakau, ki acret, flamboyan, sukun, mangga, dan mahoni.

Tidak hanya itu, terdapat 12 spesies satwa dilindungi yang dapat ditemukan di kawasan hutan Greenthink. Antara lain blekok sawah, kowak malam merah, kuntul karang, kuntul kecil, kuntul besar, kuntul kerbau, burungmadu srigandi, burungmadu kelapa, cekakak suci, cekakak sungai, raja udang biru, dan kipasan belang. Burung-burung yang dilindungi ini umumnya muncul pada pagi dan sore hari.

Pengelola Greenthink, Aruji Kartawinata mengatakan, untuk menikmati semua fasilitas itu, pengunjung cukup rogoh kocek Rp5 ribu saja.

"Di sini juga bisa jadi lokasi diklat. Kami sediakan tenda dan area untuk mendirikan tenda. Harganya pun sama, Rp5 ribu per orang per hari," katanya, Jumat (20/1/2023).

Area Greenthink dibuka dari jam enam pagi sampai enam sore. Lokasi bisa dijangkau dari Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

Yuk sahabat indonesiadaily berburu foto-foto instgramable di Greenthink

(ril,)

Halaman:

Editor: Hery FR

Tags

Terkini

X