Beragam Manfaat Pisang Kepok Kukus Untuk Diet dan Kesehatan

- Kamis, 19 Januari 2023 | 20:41 WIB
Pisang kepok kukus bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan
Pisang kepok kukus bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan

Indonesiadaily.co.id-buah pisang selain enak dimakan juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Dari berbagai jenis pisang, pisang kepok menjadi salah satu buah pisang yang enak direbus atau dikukus. Pasalnya pisang yang satu ini memiliki daging buah tebal, padat, dan manis yang pas sehingga enak dikukus atau pun digoreng.

Tahukan Anda, jika pisang kepok memiliki kandungan vitamin B6, folat, fosfor, dan beragam antioksidan seperti lutein, flavonoid, saponin, serta beta karoten. Adanya beragam kandungan inilah, mengkonsumsi pisang kepok kukus dapat membantu tubuh menjadi sehat dan juah dari penyakit.

Baca Juga: Iwan Fals “Petisi Cinta”, Konser Ungkapan Cinta untuk Alam Semesta

Mengutip dari Jurnal Kesehatan Komunitas dengan judul the vitamin B6 content of Kepok Banana, yang ditulis oleh Rini Hariani Ratih ada tiga macam bentuk konsumsi pisang kepok untuk mengetahui kandungan vitamin B6 didalam pisang kepok yang terdiri dari: pertama pisang kepok yang mengkal terdapat kandungan B6 sebesar 0,2022 mg/ml, kedua :pisang kepok masak kandungan B6 sebesar 0,2530mg/ml, dan ketiga: pisang kepok yang direbus selama 40 menit terdapat kandungan B6 sebesar0,3646 mg/ml. Dari hasil tersebut maka peneliti menganjurkan  cara mengkonsumsi pisang kepok untuk emesis gravidarum atau morning sickness (mual dan muntah) pada ibu hamil yaitu dengan cara direbus.

 

Manfaat Mengkonsumsi Pisang Kepok Kukus

Pisang kepok menjadi salah satu jenis pisang yang paling banyak ditemui di Indonesia. Jika rutin mengkonsumsi pisang kepok kukus atau rebus terdapat beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh.

    1. Melancarkan pencernaan.

Pisang kepok matang lalu dikukus dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. hal ini karena pisang kepok mengandung serat yang baik untuk pencernaan manusia. 

  1. Menormalkan fungsi jantung

Menjaga fungsi jantung sangatlah penting bagi kesehatan. Nutrisi dan kandungan pisang rebus ternyata bisa membantu menormalkan fungsi jantung. Sehingga jantung bisa bekerja dengan baik dan suplai darah di tubuh akan merata. 

  1. Melancarkan peredaran darah

Pisang rebus yang mengandung kalium mampu membantu menstabilkan peredaran darah di tubuh manusia. Ini penting, karena jika terjadi penyumbatan aliran darah, dapat menimbulkan penyakit stroke. Namun hal ini bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi pisang rebus. 

  1. Membantu mengatasi penyakit maag

Pisang kepok rebut memiliki efek antasida yang dapat membantu untuk menetralkan asam lambung. Sehingga pisang kepok rebus bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi penyakit maag. 

  1. Mengontrol gula darah

Dilansir dari Medical News Today, pisang kepok tidak hanya tinggi serat, tapi juga kaya akan mineral dan antioksidan. Kandungan baik tersebut dapat menurunkan kadar gula darah, dan memicu hormon insulin untuk bekerja lebih maksimal. Hal tersebut berujung pada menurunnya risiko penyakit diabetes. 

  1. Meredakan mual pada ibu hamil.

Dikutip dari Everyday Health, pada trisemester pertama kehamilan ibu kerap mengalami morning sickness dengan gejala mual, muntah, sakit kepala, dan kelelahan. Pisang kepok yang memiliki kandungan vitamin B6 dipercaya mampu mengatasi gejala tersebut. seperti dikutip juga dari Jurnal Kesehatan Komunitas, pisang kepok rebus yang paling baik dalam mengatasi mual pada ibu hamil. 

Halaman:

Editor: Yunaini ID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tumis Jantung Pisang, Kuliner Nikmat Bikin Sehat

Rabu, 18 Januari 2023 | 12:57 WIB

7 Cara Belanja Online Akhir Tahun Yang Aman

Jumat, 16 Desember 2022 | 21:48 WIB

Mengenal Studio Youtube Com

Minggu, 11 September 2022 | 19:19 WIB

Uniknya Soto Garing Bu Yati, Gurihnya Bikin Ketagihan

Senin, 15 November 2021 | 13:59 WIB

5 Tips Baim Wong Miliki Tubuh Ideal dan Sehat

Kamis, 30 September 2021 | 16:18 WIB

Kenali Tanda Batinmu Lelah, Begini Mengatasinya

Jumat, 16 Juli 2021 | 14:25 WIB
X