• Rabu, 5 Oktober 2022

Mengenal 7 Ulama Nusantara Yang Mendunia

- Minggu, 8 Mei 2016 | 15:44 WIB

Jakarta-Sepatutnya kita bangsa Indonesia dan umat Islam bangga dan mengikuti jejak langkah para ulama pendahulu kita yang telah membawa nama harum bangsa karena dikenal dunia.

Melalui ketulusan mereka yang terus mendidik anak bangsa, hingga membuat umat makin cerdas dan terus berkembang menjalankan fungsinya sebagai umat yang membawa kebaikan ditengah-tengah masyarakat.

Sejarah mencatat beberapa ulama Indonesia pada masa lalu pernah berkiprah hingga namanya dikenal di Mekkah dan Madinah, bahkan dunia. Sebagian menghabiskan hidupnya dengan mengajar di sana, sebagian lagi pulang ke Indonesia.

Dikutip dari laman www.muslimoderat.com, setidaknya ada tujuh tokoh ulama yang keilmuan, tawaddhu dan perjuangannya mencerdaskan bangsa yang dikenal mulai dari Fhilipina, India, Turki hingga Mesir.

Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari

Namanya tak hanya dikenal oleh masyarkaat Nusantara, tapi juga kaum muslimin di Filipina, Turki, Arab Saudi, Mesir, dan India. Lahir di Banjar tanggal 15 Safar 1122 (17 Mei 1710).

Selama hampir 35 tahun berguru pada ulama-ulama terkenal di Mekah dan Madinah seperti Syeikh Ataillah bin Ahmad Al-Misriy, Syeikh Muhammad bin Sulaiman Al-Kurdiy, Syeikh Ahmad bin Abd Mun’im Syeikh, dan Muhammad bin Abd Karim Al-Qadiri.

Selepas berguru di Mekah dan Madinah, Al-Banjari kembali ke tanah air. Ia membuka pusat-pusat studi Islam untuk membantu masyarakat menimba ilmu pengetahuan.

Al-Banjari berhasil menulis berpuluh-puluh karya. Salah satu yang termasyhur adalah kitab Sabilal Muhtadin, yang kerap menjadi referensi para penulis buku fikih.

Pada 6 Syawal 1227 (3 Oktober 1812), Al-Banjari wafat. Untuk mengenang karya dan jasanya, masyarakat Banjarmasin mendirikan Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Medsos Buka Peluang Milenial Terjun ke Politik

Sabtu, 17 April 2021 | 23:31 WIB

Pak Bekti Mengabdi untuk Pendidikan PWI

Minggu, 11 April 2021 | 15:29 WIB

Pengurus PWI Bengkulu yang Pro Aktif Tutup Usia

Senin, 5 April 2021 | 19:14 WIB

Terpopuler

X